Cara Menjaga Kualitas Sperma

cara menjaga kualitas spermaSperma merupakan cairan yang diproduksi testis. Testis pria mulai memproduksi sperma sejak masa pubertas pria dan terus berlanjut sampai usia 70-an. Saat ejakulasi karena aktivitas seksual, terdapat sekitar 2 sampai 7 juta sperma yang dikeluarkan dari dalam testis pada pria normal.

Sayangnya, tidak semua pria mampu memproduksi jumlah normal sperma. Beberapa pria bisa memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Pria yang mengalami hal demikian bisa dikatakan kurang subur.

Kesubruan sperma sangat perlu dijaga mengingat pentingnya sperma dalam membuahi sel telur. Pembuahan sel telur akan terjadi jika sel sperma yang sehat mampu mencapai sel telur yang baik.

Selain kualitas sperma, motilitas sperma juga tidak kalah penting. Motilitas sperma adalah kemampuan sperma untuk aktif bergerak/berenang menuju sel telur wanita. Secara mudahnya, pria dikatakan subur jika memenuhi kriteria sebagai berikut :

Sperma yang sehat biasanya akan menghasilkan lebih dari 15 juta/milliliter (15 juta sel sperma dalam 1 mililiter air mani). Nah, setiap seorang pria berejakulasi setidaknya ada sekitar 4 jutaan sperma ada di dalam air mani yang keluar. Jadi semakin banyak jumlah sperma yang dihasilkan maka akan semakin besar pula kesempatan seorang wanita untukhamil.

Ada beberapa cara menjaga kualitas sperma. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mempraktekkan seks yang aman
Infeksi menular seksual, seperti klamidia dan gonore adalah penyebab utama dari infertilitas bagi pria dan wanita. Oleh karena itu, Anda harus melindungi diri Anda dengan melakukan hubungan seks yang aman dan bersih. Caranya dengan membatasi pasangan seksual (monogami) dan menggunakan kondom setiap kali Anda berhubungan seksual.

2. Makan makanan yang sehat
Makan makanan yang sehat dan bergizi pun dapat membantu kualitas dan kuantitas sperma Anda. Pilihlah banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan, di mana hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan sperma.

3. Menjaga berat badan
Menjagaberat badanagar idel adalah cara lain dalam menjaga kesehatan sperma. Pasalnya, beberapa penelitian mengatakan bahwa obesitas berpengaruh buruk terhadap kualitas sperma, dapat mengurangi jumlah sperma, dan menghambat pergerakan sperma (menjadi lambat).

4. Mengelola stres
Stresdapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma.

5. Membiasakan diri untuk berolahraga
Berolahraga atau meakukan aktivitas fisik pun dapat membantu menjaga kesehatan sperma. Oleh karena itu, sertakan olahraga setiap harinya minimal 30 menit.

Itulah beberapa cara menjaga kualitas sperma. Mulai sekarang Anda bisa mempraktekan cara diatas terlebih bagi Anda yang sedang menjalankan program hamil.

Jika Anda sudah lama menikah dan sudah sering berhubungan seksual namun belum juga dikaruniai seorang anak, kami rekomendasikan Anda menggunakan herbal penambah sperma MANIMAX. Tidak hanya aman dan alami, produk ini berani menjamin kualitasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *