Jangan Samakan Arti Impotensi dan Infertilitas! Ini Alasannya

0
112 views
views
impotensi dan infertilitas

Infertilitas sering di kaitkan dengan masalah seskual lain, seperti impotensi. Asumsi ini sering disalahartikan bahwa masalah infertilitas atau kesuburan adalah sama dengan impotensi.

Dalam bahasa medis, kata ‘impotensi’ dan ‘infertilitas’ memiliki arti yang berbeda. Impotensi adalah kondisi dimana seseorang mengalami disfungsi seksual. Impotensi sering diterapkan pada pria yang susah ereksi, namun sebenarnya impotensi juga berlaku pada wanita yang kurang memiliki gairah seksual. Sedangkan infertilitas berarti impotensi dan infertilitastidak subur atau kondisi dimana seseorang tidak mampu mengadakan pembuahan (baik untuk pria maupun wanita).

Dilansir dalam Times of India, Dr Firuza Parikh, salah seorang dokter terkemuka India yang ahli dalam bidang ini, memberikan penjelasan mengenai impotensi dan infertilitas.

Pengertian Impotensi

Impotensi lebih dikenal sebagai ketidakmampuan pria untuk mencapai atau mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Sedangkan pada wanita, impotensi berarti kurangnya gairah seksual, sehingga wanita tak dapat terangsang untuk melakukan hubungan seksual.
Meski mengalami impotensi, bukan berarti pria dan wanita tidak bisa memiliki keturunan. Secara teori memang lebih sulit mempunyai keturunan bagi pasangan impotensi, tapi bukan berarti tidak mungkin.

Bagaimana impotensi terjadi?

Pada pria, impotensi bisa disebabkan oleh gangguan sistem kardiovaskular yang menyebabkan aliran darah ke penis terhambat. Sementara penis memerlukan pasokan darah yang cukup untuk ereksi. Penyakit yang terkait dengan sistem kardiovaskular antara lain diabetes, hipertensi, kolesterol, dan jantung. Selain penyakit fisik, impotensi juga dapat disebabkan oleh masalah pskologsi seperti stress, depresi, cemas, lelah, dan masalah psikologis lain.

Baca: FORTAMEN inovasi obat herbal impotensi modern

Pada wanita impotensi dapat disebabkan oleh menurunnya tingkat hormon estrogen. Ini biasanya terjadi setelah kehamilan.

Mengubah gaya hidup, seperti mengurangi alkohol, merokok, serta mengatasi depresi dan kecemasan bisa membantu mengatasi impotensi pria. Pada wanita, impotensi harus diatasi dengan bantuan penambahan hormon, konseling dan juga terapi.

Lalu, apa itu infertilitas?

Infertilitas adalah ketidakmampuan seseorang untuk memiliki anak dalam jangka waktu tertentu. Pada wanita di bawah 32 tahun, masa infertilitas bisa terjadi selama dua tahun. Sementara pada wanita di atas 32 tahun, masa ini biasanya terjadi selama setahun.

Pada pria, dikatakan infertil jika memiliki tidak cukup sel sperma sehat yang mampu membuahi sel telur wanita. Tidak hanya jumlahnya, kualitas sperma, bentuk(morfologi), dan kemampuan berenang(motilitas) sperma juga menyebabkan ketidaksuburan pria.

Baca : Obat Penambah Sperma MANIMAX, Bergaransi!

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bahwa ‘impotensi’ dan ‘infertilitas’ adalah dua istilah yang beda arti. Setelah ini, Anda tidak usah bingung. Dan jika Anda mengalami gejala kondisi diatas sebaiknya segera mengatasinya sejak dini.


Jika Anda menyukai artikel “Jangan Samakan Arti Impotensi dan Infertilitas! Ini Alasannya” silahkan share atau berikan komentar Anda!

LEAVE A REPLY